logo
Other Information Contact Information sholah nurul fajri 780x405
Location SIT Nurul Fajri
Jl Telaga Asih No 55B Cikarang Barat Bekasi 17520 Jawa Barat
 Berita Nurul Fajri 20767988 10209880572713763 6897186504487516907 n 1 Berita Nurul Fajri 20767988 10209880572713763 6897186504487516907 n 1

Berita Nurul Fajri

20 Tahun Sekolah Islam Terpadu Nurul Fajri

20 Tahun Sekolah Islam Terpadu Nurul Fajri


Oleh: M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd (Kepala SDIT Nurul Fajri Cikarang Barat)


Rabu 25 Maret 2020, berdirinya 20 tahun Lembaga Pendidikan Formal Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fajri di bawah naungan Yayasan Al-Hijrah Cikarang Barat yang beralamat di Kp. Babakan No. 55 B Desa Telaga Asih Cikarang Barat-Bekasi.



SIT Nurul Fajri dapat berdiri tegak dan maju hingga kini. Tentu saja melalui berbagai perjuangan, pengorbanan, dan kebersamaan para pendiri, pengurus yayasan, guru-guru, wali murid, tenaga pendukung, hingga seluruh siswanya.



Sejak berdiri tahun 2000, SIT Nurul Fajri yang dimulai dengan berdirinya SDIT Nurul Fajri diprakarsai oleh para pengurus dan beberapa jamaah aktif pengajian Masjid Al-Fajr Taman Aster tak langsung begitu saja diminati dan tenar di kalangan masyarakat.



Berdirinya SIT Nurul Fajri ingin seperti sinar fajar yang menghangatkan bumi, menyinari tumbuhan dan bersemai indah menumbuhkan bibit unggul dan menghasilkan produk berkualitas berbasiskan Islam, Iman, Taqwa, Ilmu dan Amal serta semangat kebangsaan.



Rangkaian kegiatan Milad 20 tahun SIT Nurul Fajri tahun ini dimulai dengan kegiatan sosial terhadap warga sekitar, yakni sunatan masal untuk warga tidak mampu serta Family Gathering dengan seluruh keluarga besar SIT Nurul Fajri di Istora Waduk Jatiluhur, Purwakarta dalam rangka menjalin silaturahim dan ukhuwah dibarengi dengan pemberian doorprize serta reward untuk pegawai teladan dan terbaik.



Puncak kegiatan Milad SIT Nurul Fajri akan dilaksanakan Insya Allah di bulan April berbarengan dengan kegiatan Tasyakuran siswa kelas 6, 9 dan 12 di STTD sekaligus launching branding logo baru SIT Nurul Fajri.



Lambat laun hingga kini SIT Nurul Fajri mulai banyak dikenal serta berkembang dengan sangat pesat. Terhitung jumlah seluruh siswa SIT Nurul Fajri saat ini 1.132 siswa, dengan jumlah siswa SD 633, SMP 410, SMA 89 siswa dan jumlah santri Rumah Tahfizh Al-Qur’an 10 siswa SMA.



Jumlah pegawai SIT Nurul Fajri yang terdiri dari guru, administrasi dan tenaga pendukung berjumlah 109 pegawai.



Akreditasi sekolah SDIT-SMPIT-SMAIT Nurul Fajri mendapatkan nilai A. Ke depan mohon do’a akan didirikan Universitas Nurul Fajri serta KBIH dan Umroh.



Beberapa prestasi pernah diraih oleh SIT Nurul Fajri diantaranya; juara sekolah sehat dan bersih tingkat propinsi, juara OSN tingkat propinsi, meraih nilai akreditasi tertinggi se-Jawa Barat tahun 2019 untuk SDIT Nurul Fajri, juara FLS2N tingkat kabupaten, juara pentas PAI tingkat kabupaten, juara lomba kegiatan pramuka dll. Kegiatan internasional pernah diikuti beberapa siswa SIT Nurul Fajri seperti kemah internasional Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Malaysia.



Untuk diketahui, 1/3 dari guru-guru di SIT Nurul Fajri sudah diakui menjadi guru profesional oleh pemerintah dengan mendapatkan Tunjangan Profesi Guru dan Inpassing. Para guru di SIT Nurul Fajri adalah lulusan dari beberapa Universitas terkemuka seperti UIN, UPI, UNJ, UNSOED,UNPAD dll. Mereka linearitas dengan jurusan yang mereka ampu ketika kuliah sehingga memudahkan para guru untuk memberikan proses bimbingan pembelajaran kepada siswa ketika guru berada di kelas dan sekolah.



SIT Nurul Fajri memiliki sarana prasarana yang sangat memadai seperti; lab komputer, lab sains, lab bahasa, perpustakaan, UKS, toilet yang baik dan bersih, area lapangan yang luas, kantin sehat, jemputan sekolah, semua kelas sudah ber-AC dan dilengkapi dengan infocus, area parkir yang memadai, sistem manajemen dan administrasi yang baik serta gedung sekolah yang representatif untuk kegiatan belajar mengajar.



Kemajuan pendidikan di sekolah harus ada kerjasama yang baik dan erat dengan wali murid, SIT Nurul Fajri memiliki Paranting School untuk membantu, mensosialisasikan serta mensukseskan kegiatan-kegiatan sekolah. Diantara kegiatan Parenting School SIT Nurul Fajri adalah; taklim setiap bulan, seminar parenting, membantu korban banjir, Jum’at barokah dengan membagikan nasi bungkus setelah shalat Jum’at kepada yang membutuhkan serta masih banyak lagi kegiatan lainnya.



Sistem kurikulum dan pembiasaan yang diterapkan sekolah kepada siswa untuk mewujudkan generasi yang unggul dan kuat secara pengetahuan akademis dan berakhlakul karimah dengan mengarah pada nuansa pendidikan islami yang berlandaskan pemenuhan delapan standar pendidikan serta mengacu pada 4 pilar pendidikan dan pembelajaran abad 21 “learning how to learn, learning how to do, learning how to be and learning how to life together respecting others”, serta berkolaborasi dengan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT).



Hal ini terbukti menunjukkan hasil yang memuaskan dan membanggakan bagi sekolah dan wali murid.



Dengan itu semua para orang tua khususnya yang berdomisili di wilayah Cikarang Barat, Cibitung dan sekitarnya mulai melirik kepada sistem pendidikan dan pembiasaan yang diterapkan SIT Nurul Fajri.



Apalagi saat ini banyak para alumni Nurul Fajri yang melanjutkan kuliahnya di luar negri seperti di Al-Azhar Univesity Mesir, Jerman, Singapura, Malaysia serta bertebaran di beberapa Perguruan Tinggi Negri terkemuka seperti UI, UGM, ITB, IPB, UNPAD, UNBRAW, UIN, UNDIP, UNJ, UPI dll.



Disamping itu semua, yang terpenting bagi para alumni Nurul Fajri adalah dapat berkontribusi untuk mewujudkan masyarakat madani yang memahami dan mengimplementasikan Iman dan Taqwa (IMTAQ) serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam setiap aktifitas kehidupanya.



Daily activity sekolah di SIT Nurul Fajri dimulai dari pukul 06.30 dengan direktur, kepala sekolah, dan guru piket sudah berada di koridor dan halaman sekolah untuk menyambut siswa yang sudah datang untuk berjabat tangan, tegur sapa, senyum, salam, salim dan santun.



Bel masuk siswa di SIT Nurul Fajri pukul 07.15. Guru dan siswa wajib sudah berada di sekolah 15 menit sebelum jam 07.15. Tiga puluh menit pertama, 07.15-07.45 disebut dengan jam “Majlis Pagi”, digunakan untuk kegiatan yang isinya adalah siswa berdoa dan membaca ikrar dengan menggunakan Bahasa arab dan inggris di depan kelas masing-masing, muraja’ah Al- Qur’an, membaca Asmaul Husna, mendengarkan nasehat dari guru untuk siswa, dan penutup motivasi dari guru wali kelas untuk siswa mengingatkan pada kedisiplinan, belajar dengan giat dan tekun, mentaati tata tertib sekolah, menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, berjalan dengan tertib saat mooving kegiatan belajar tahsin/tahfizh menuju ke mushollah, serta tidak lupa untuk selalu berbuat baik kepada siapa pun yang ditemui hari ini.



Kegiatan jam “majlis pagi” ini merupakan kegiatan pembinaan karakter siswa/i, agar menjadi pembiasaan dalam kehidupannya. Tepat pukul 07.45-08.55 seluruh siswa mengawali belajar tahsin/tahfizh Al-Qur’an dengan menggunakan metode Nurul Bayan, pelajaran tahsin/tahfizh Al-Qur’an dialokasikan di pagi hari, karena kami menilai bahwa kondisi pagi masih fresh, bersemangat dan dapat memudahkan siswa/i dalam menghafal dan membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an sesuai dengan hukum tajwid dan makhraj huruf yang berlaku.



Pada mata pelajaran tahsin/tahfizh seluruh siswa berpindah kelas mencari kelompoknya masing-masing belajar sesuai dengan tingkat kompetensinya. Pada kegiatan ini guru wali kelas berpesan kepada siswa agar mooving kelas menuju tempat dan kelompok belajar tahsin/tahfizh berjalan dengan tertib tidak berlari.



Jam tahfizh/tahsin selesai pukul 08.55 dan siswa kembali ke ruang kelas masing-masing untuk mengikuti pelajaran selanjutnya sampai dengan pukul 09.30.



Pukul 09.30-10.00 wali kelas membimbing siswa untuk melaksanakan kegiatan pembiasaan ibadah shalat Dhuha dan muroja’ah Al-Qur’an bergantian 15 menit antara siswa laki dan perempuan di masjid sekolah, 15 menit pertama 09.30-09.45 siswa laki terlebih dahulu melaksanakan pembiasaan ibadah shalat dhuha dan muroja’ah Al-Qur’an.



Setelah selesai shalat dhuha siswa dipersilahkan untuk istirahat jajan membeli snack pagi, selanjutnya pukul 09.45-10.00 siswa perempuan melaksanakan pembiasaan ibadah shalat Dhuha dan muroja’ah Al-Qur’an.



Pukul 10.00 siswa melaksanakan kembali kegiatan pembelajaran di kelas masing-masing sampai jam 11.45. Selanjutnya wali kelas membimbing siswa untuk berwudlu serta berangkat menuju mushollah untuk shalat Dzuhur berjama’ah s.d pukul 12.20. Setelah itu, dilanjutkan makan siang di kantin sekolah sampai pukul 12.45.

Pukul 12.45 siswa masuk kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar dan berakhir pada pukul 15.05 WIB. Pukul 15.05-15.45 kegiatan muhasabah yang berisi ; merapihkan dan membersihkan kelas, shalat ashar berjamaah, guru memberikan pesan moral yang simple dan mudah diingat anak dan mudah dilakukan di rumah,seperti : tetap semangat ya sekolahnya esok pagi, belajar yang rajin dirumah, jangan lupa sampai rumah istirahat, shalat berjamaah, membantu kedua orang tua dll. Setelah semua selesai dan rapi, guru membimbingsiswa untuk berdo’a dan pulang.



Pembiasaan dalam pendidikan hendaknya dimulai sedini mungkin. Metode pembiasaan di atas adalah untuk melatih serta membiasakan anak didik secara konsisten dan kontinyu untuk mencapai sebuah tujuan, sehingga benar-benar tertanam pada diri anak dan akhirnya menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan dikemudian hari.



Keberhasilan yang paling penting dan utama dalam dunia pendidikan adalah kualitas mutu sekolah serta kompetensi yang dimilki siswa setelah lulus sekolah.



Pada dasarnya, karakter merupakan gabungan dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan. Jika kita menabur gagasan, kita akan menuai perbuatan. Jika kita menabur perbuatan, kita akan menuai kebiasaan. Jika kita menabur kebiasaan, kita akan menuai karakter. Jika kita menabur karakter, kita akan menuai keberuntungan.



Kompetensi Lulusan Siswa SIT Nurul Fajri adalah ; a) Memiliki Akhlakul Karimah dan menjadikan kewajiban fardlu ‘ain sebagai kebiasaan sehari-hari yang melekat pada diri siswa. b) memiliki bacaan Al-Qur’an yang fashih dan tartil (itqon). c) Hafal 1 Juz Al-Qur’an juz 30 bagi lulusan SDIT + 1 Juz Al-Qur’an (juz 29) bagi lulusan SMPIT dan 3 juz untuk lulusan SMAIT dengan lancer. d) Memiliki kompetensi dasar Bahasa Arab dan Inggris. e) Memahami dan mengerti dasar-dasar ilmu teknologi dan keterampilan.

Selamat Milad yang ke 20 tahun untuk SIT Nurul Fajri sekolahku tercinta. Teruslah melangkah pasti menjadi lembaga pendidikan terdepan di Kabupaten Bekasi berbasiskan Islam, Iman, Taqwa, Ilmu dan Amal untuk mencetak generasi yang unggul dan kuat dalam akademis dan Akhlakul Karimah.(*)
Berita Nurul Fajri 20 Tahun Sekolah Islam Terpadu Nurul Fajri
Headline :
e-mail : sit.nurulfajri@yahoo.co.id - website : www.nurulfajri.sch.id / www.nurulfajri.com - Telp. (021) 8837 1124 - Address : Jl. Telaga Asih No. 55B Cikarang Barat - Bekasi 17520, Jawa Barat. Mulai 1 Oktober 2019 Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) Tahun Pelajaran 2020 - 2021 dibuka. Untuk SDIT - SMPIT - SMAIT Nurul Fajri.
 Prestasi
Prestasi
a
 Usaha
Usaha
a
 Pengumuman Pendaftaran
Pengumuman Pendaftaran
http://pengumuman.nurulfajri.com
a
Copyright © 2018 - SIT Nurul Fajri All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTMobile Version