logo
Other Information Contact Information whatsapp image 2020 10 16 at 20 02 06 1
Location SIT Nurul Fajri
Jl Telaga Asih No 55B Cikarang Barat Bekasi 17520 Jawa Barat
 Berita Nurul Fajri 20767988 10209880572713763 6897186504487516907 n 1 Berita Nurul Fajri 20767988 10209880572713763 6897186504487516907 n 1

Berita Nurul Fajri

PPDB Tahun Pelajaran 2021/2020

PPDB Tahun Pelajaran 2021/2020

Oleh: M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd
(Kepala SDIT Nurul Fajri Cikarang Barat)
19/10/2020

Berdasarkan regulasi UU Sistem
Pendidikan Nasional no 20 tahun
2003. Dalam pasal 1 butir XVI disebutkan Lembaga Pendidikan berbasis
masyarakat adalah penyelenggaraan
pendidikan berdasarkan kekhasan
agama, sosial, budaya, aspirasi, dan
potensi masyarakat sebagai perwujudan
pendidikan dari, oleh, dan untuk
masyarakat. Definisi inilah yang sering
disebut masyarakat awam dengan
istilah sekolah swasta.
Keputusan Mahkamah Konstitusi
terhadap Putusan Nomor 58/PUUVIII/2010 tentang gugatan pasal 55 Ayat
(4) UU UU 20/2003 Sisdiknas menyatakan
“Lembaga pendidikan berbasis masyarakat memperoleh bantuan teknis, subsidi
dana dan sumber daya lain secara adil
dan merata dari pemerintah dan/atau
pemerintah daerah. Dengan demikian
berarti semua lembaga pendidikan
berbasis masyarakat ‘wajib’ memperoleh
bantuan teknis, subsidi dana, dan sumber
daya lain secara adil dan merata dari
pemerintah dan/atau pemerintah
daerah. Melalui pelurusan pemahaman
tentang sekolah swasta ini, semoga
setiap anak bangsa di Republik ini
mendapatkan keadilan dalam kesempatan bersekolah, khususnya yang
bersekolah di lembaga pendidikan
berbasis masyarakat. Semoga apresiasi
dan respek kita terhadap guru dan
sekolah yang ada di lembaga pendidikan
berbasis masyarakat semakin tinggi.
Pada Oktober 2020 ini 75 persen
lembaga pendidikan berbasis masyarakat sudah membuka pendaftaran
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
tahun pelajaran 2021/2022. Bagi lembaga pendidikan berbasis masyarakat,
“nyawa” utama sekolah adalah siswa,
di mana siswa diperoleh dengan gigih,
kerja keras dan kerja sama para guru
ataupun panitia promosi serta sosialisasi ke sekolah-sekolah, memasang
spanduk/ baliho di pohon dan di
tempat-tempat strategis, serta promosi
di media sosial. Peran orangtua siswa
dan alumni juga sangat berperan
penting sebagai marketing PPDB untuk
menggerakkan lingkungan keluarga
dan masyarakat dengan prasyarat
keberhasilan, kesuksesan dan kepuasan
akan pelayanan yang sudah mereka
terima selama ini.
Promosi PPDB diiringi promosi yang
masif dan totally. Prinsip PPDB lembaga
pendidikan berbasis masyarakat adalah
sepanjang waktu diiringi dengan ikhtiar
tiada henti memberikan pelayanan
prima dengan serangkaian prestasi dan
mutu sekolah serta promosi berbasis
media sosial dan teknologi dengan
balutan program inovatif/kreatif. Sekolah
swasta diharuskan mampu menghadirkan
services excellent.
Service Excellence mutlak harus
dilakukan bagi lembaga pendidikan
berbasis masyarakat, penerapan service
excellence di sekolah berbasis masyarakat
sangatlah penting. Model penerapan
Service Excellence di sekolah seperti:
kemudahan akses informasi yang
diperoleh oleh orangtua siswa, manajerial
dan administrasi sekolah yang baik,
sekolah cepat dan tanggap merespon
keluhan dari para wali murid, menyelenggarakan pendidikan abad ke-21
(post-modern) bagi setiap anak dari
setiap lapisan masyarakat, memberikan
pelayanan terbaik dalam setiap
kesempatan serta memberikan layanan
pendidikan bermutu untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan semua
peserta didik. Kesimpulannya, Penerapan
service excellence di lembaga pendidikan
berbasis masyarakat adalah wajib karena
memiliki banyak manfaat, salah satunya
service excellence dapat Meningkatkan
mutu lulusan sekolah yang berkualitas
di masyarakat serta kepuasan orangtua
siswa dan peserta didik dalam
keberhasilan proses belajar.
Salah satu service excellence di lembaga
pendidikan berbasis masyarakat yang
mempengaruhi kualitas lulusan terbaik
adalah peran kepala sekolah, guru, tata
usaha sekolah dan tenaga layanan
pendukung, Inovasi sekolah tidak
terlepas dari peranan kepala sekolah.
Peran kepala sekolah sangat penting
pengaruhnya pada kehidupan dan
strategi sekolah melakukan perubahan.
Beberapa keterampilan yang dibutuhkan
kepala sekolah; mengantisipasi perubahan, menangkap peluang, kecakapan
managerial dan administrasi, pemecahan
masalah secara kreatif serta kemampuan
bertahan dalam menyikapi berbagai
perubahan yang terjadi. Temuan Maria
Granvik Saminathen, Sara Brolin
Låftman, Ylva B. Almquist, & Bitte
Modin “bahwa indikator kepemimpinan
kepala sekolah, kerja sama, dan etos
sekolah secara positif terkait dengan
prestasi sekolah. Kepala Sekolah inovatif
sangat erat kaitannya dengan sosok
pemimpin visioner yang mampu membaca tanda-tanda zaman dan mengkreasikan visi serta memastikan kebermafataan dari visioner yang dilakukan”.
Kaitannya dengan PPDB, kepala
sekolah memainkan peranan terpenting mendapatkan kepercayaan
masyarakat sekolah yang dipimpinnya.
Model, gaya, pendekatan, serta kemampuan kepemimpinannya akan
diuji betul dalam PPDB, banyak kepala sekolah, ketika diberikan amanah
menjadi pimpinan, sekalipun sekolahnya sudah besar tidak mampu mepertahankan kesuksesan kepemimpinan
sebelumnya. PPDB menguji adrenalin
kepemimpinan sang kepala sekolah,
bak panglima perang mengatur
strategi yang jitu, cantik, dan mampu
memenangkan laga PPDB yang sangat
menguras energi. Kolegialitas
sinergisitas harus mampu merangkul
berbagai stakeholders sekolah yang
sangat menentukan keberhasilan
dalam PPDB.
Jika kemampuan mengorgansasi
berbagai elemen tidak diupayakan bisa
berakibat fatal bahkan mengalami
penurunan drastis dalam perolehan
siswa. Begitupun penerapan service
excellence di sekolah dari guru sangat
berperan sebagai pelaku yang mengajarkan pengetahuan memberikan
keberhasilan kepada peserta didiknya,
guru berperan sebagai orangtua di
sekolah mengajarkan karakter yang
baik, guru adalah panutan sekaligus
contoh bagi siswa, dimana contoh yang
baik dari guru akan dicontoh baik pula
oleh peserta didik, sehingga akan mampu
menghasilkan lulusan yang baik,
berkarakter dan unggul.
Masyarakat akan sangat mudah “jatuh
hati” dengan sekolah yang mampu
meyakinkan orangtua dan masyarakat
terkait keunggulan sekolah. Keunggulan
tidak sebatas akademik saja. Sekolah
harus mampu membuat brand dan
diferensiasi dengan sekolah lainnya.
Jika pemimpin sekolah bersama civitas
academica mampu menyuguhkan
keunggulan sekolah, maka masyarakat
dan orang tua akan dengan mudah
memberikan kepercayaan, apalagi jika
informasi mengenai sekolah sangat
mudah terbuka bisa diakses secara
informatif dan komunikatif.
Kondisi darurat kesehatan akibat
pandemi Covid-19 membuat sekolah
harus menerapkan protokol kesehatan
ketat dalam proses PPDB. PPDB bisa
dilaksanakan secara daring/online untuk
mencegah kerumunan. Akhirnya,
kesuksesan PPDB sekolah sangat
ditentukan bagaimana upaya keras
dan gigih kepala sekolah bersama seluruh
civitas academica membaca, menangkap
peluang, sekaligus mengoptimalkan
seluruh warga sekolah agar kreatif dan
inovatif dalam PPDB. (*)
Berita Nurul Fajri PPDB Tahun Pelajaran 2021/2020
Headline :
e-mail : sit.nurulfajri@yahoo.co.id - website : www.nurulfajri.sch.id / www.nurulfajri.com - Telp. (021) 8837 1124 - Address : Jl. Telaga Asih No. 55B Cikarang Barat - Bekasi 17520, Jawa Barat. Mulai 1 Oktober 2019 Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) Tahun Pelajaran 2020 - 2021 dibuka. Untuk SDIT - SMPIT - SMAIT Nurul Fajri.
 Prestasi
Prestasi
a
 Usaha
Usaha
a
 Pengumuman Pendaftaran
Pengumuman Pendaftaran
http://pengumuman.nurulfajri.com
a
Copyright © 2018 - SIT Nurul Fajri All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTMobile Version